Apa itu HPL? 1


Apa itu HPL?

HPL atau High Pressure Laminate adalah bahan laminasi / lapisan dekoratif yang sering digunakan sebagai lapisan paling atas (permukaan) furniture atau panel dinding.

 

Bentuknya berupa lembaran sebesar triplek, berukuran: 1,22m x 2,44m. Pemasangannya sangat mudah dan lebih cepat. Tinggal mengukur dan mengikuti pola atau bentuk furniture, dipotong sesuai ukuran. Lalu ditempel menggunakan lem kuning ke multiplek / mdf yang akan dipakai sebagai bahan dasar furniture/mebel. Meskipun begitu terdapat kelebihan dan kekurangan HPL yang akan dibahas dibawah ini.

Bahan HPL terbuat dari resin dan beberapa lapisan kertas yang dipress dengah tekanan dan suhu tinggi, lalu dibungkus/laminating & diprinting berbagai macam motif kayu, bahkan sekarang revolusi motif semakin berkembang ke berbagai macam motif dgn tekstur menyerupai kayu asli, lalu aluminium, tembaga & modern graphis seperti hologram misalnya. Berbagai lapisan dijelaskan di bawah ini:

  • kertas overlay, yang berfungsi untuk meningkatkan abrasi, awal dan tahan panas
  • kertas dekoratif, yang mendefinisikan desain dan terdiri dari kertas berwarna atau dicetak
  • kertas kraft, yang digunakan sebagai bahan inti dan ketebalan kontrol produkapa itu hpl

Dengan adanya kertas dekoratif dimungkinkan dibuat hpl dengan berbagai macam jenis. Dari warna, motif, bahkan bertekstur kasar mengikuti pola motif yang dipakai sehingga lebih menyerupai aslinya. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan HPL dibandingkan dengan bahan lainnya seperti teakwood / melamin.

Keunggulan/Kelebihan HPL:

  • Warna dan motif furniture bisa sama. Tidak beresiko belang-belang seperti jika menggunakan finishing cat duco. Dengan teknik cat membutuhkan keahlian tukang cat dalam mencampur cat supaya warnanya bisa konsisten.
  • Memiliki banyak sekali jenis. Mulai dari motif kayu, warna solid, metalik, hingga motif batu seperti marmer dan granit.
  • Waktu pemasangan HPL lebih cepat selesai dibanding dengan finishing cat duco.
  • Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis.
  • Mudah direnovasi. HPL yang rusak / sudah lama dapat diganti warna / motif yang baru tanpa mengganti keseluruhan kayu/triplek yang dipakai pada mebel bersangkutan.

Kelemahan/Kekurangan HPL:

  • Tampilan HPL tidak semewah Cat Duco
  • Dibandingkan dengan SHEET, HPL sedikit lebih mahal.
  • Bagian edging harus difinishing lagi

HPL

 

HPL bisa didapatkan di Toko HPL Surabaya dan kota-kota di seluruh Indonesia. Sehingga pemakaian HPL saat ini sudah umum dan banyak digunakan di furniture/mebel rumah, kantor, hotel, pabrik, pertokoan, Mall.

Semoga dengan artikel ini, pertanyaan “Apa itu HPL?” dapat terjawab.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Apa itu HPL?